Han Garden

Gerai Tanaman Hias Adenium, Aglaonema dan Pachypodium oleh Handry Chuhairy

Han Garden Insight

Puring Tanaman Full Colour

Puring/Croton/Codiaeum variegatum merupakan tanaman pagar bahkan sering disebut sebagai tanaman kuburan merupakan tanaman yang kaya warna (Full Colour) ternyata saat ini disebut-sebut sebagai maskot baru tanaman hias yang sedang diburu para kolektor.

Beragam motif dan bentuk daun menjadi daya tarik para kolektor. Untuk saat ini belum ada yang mengetahui secara pasti Puring berasal. Ada yang mengatakan bahwa Puring berasal dari Indonesia Timur tetapi. Di Sulawesi dinamakan dendiki, Papua dinamakan Kama, Kalimantan dinamakan Dolok, Madura dinamakan Karotong dan di pulau Jawa Puring banyak ditemukan dengan beragam nama.

Apakah Puring tanaman yang kaya warna (Full Colour) akan naik tahta menggantikan pendahulu sebelumnya yaitu Aglaonema (Si Ratu Daun) dan Anthurium (Si Raja Daun) ?

5 Responses

  1. mustafa

    2 January 2009 at 9:28 pm

    1

    wow kerennnnnnnnnnnnnnn puring..

  2. riki

    18 April 2009 at 11:15 am

    2

    puring keren abissssssssssssssssssss lo,,,,,,,,,hai,,,,,,,,,,, aku punya ratusan foto hasil penelitianku tentang tanaman hias. dan puring (codiaeum variagatum. L)milik ku juga banyak yang merupakan tanaman hias yang dominan yang kujumpai waktu penelitianku.boleh nanya dikit,kenapa ya nama puring itu banyak sekali dan semuanya nama lokal tidak nama ilmiah ya?mohon bantuan nya ya kalau ada yang tahulangsung aja ke kabaresik@yahoo.com

  3. Handry Chuhairy

    9 June 2009 at 1:52 pm

    3

    Untuk masalah nama yang beredar sekarang ini memang nama lokal, kenapa tidak ada nama ilmiahnya karena masih ada yang belum tahu jelas asal Puring berasal dan belum ada yang meneliti sampai jauh. Jika anda meneliti Puring dan mengetahui habitat aslinya bisa anda memakai nama anda sendiri sebagai nama ilmiahnya, tapi…..apa artinya sebuah nama loh.

  4. fabiola

    8 July 2009 at 4:59 pm

    4

    Dear Mr. Hand,,,
    After look your website,,, i knew that i come to the right person,,, I really want to know about agloenema Rotundum that we used as mom plants,,, i really interested to study more about it, Actually how many type of this mom plant,,, coz i dont want to make mistake to recognize this plant,, thought this mom plants but actually this the breeder hahahahaha… i hope you can help me with this,, maybe you have a lot of information or book about the real this mom plants or pictures???,,, can i have it?? i really interested wit this agloenema,,, thanks for everything

  5. Handry Chuhairy

    12 July 2009 at 11:25 pm

    5

    Terima kasih atas kunjungan pada website kami, untuk permasalahan tanaman dapat didiskusikan pada website ini sehingga hobiis umum juga dapat memberikan masukkan…bukan kami saja.
    Permasalahan tentang aglaonema rotundum tidak ada buku khusus yang membahas detail a.rotundum dan juga foto maupun gambar a.rotundum sangat minim…mudah-mudahan dalam waktu dekat ini saya bisa menampilkan varian daripada a.rotundum. Menjawab pertanyaan anda tentang tipe a.rotundum sangat banyak dikarenakan dihabitatnya sudah terjadi persilangan antar a.rotundum sendiri, untuk menjadikan sebagai persilangan diperlukan a.rotundum yang mengeluarkan serbuk sudah cukup tetapi perlu diperhatikan bahwa tidak semua a.rotundum mengeluarkan serbuk (selama pengamatan kami dalam 2 tahun terakhir…sebagai contoh pada musim sebelumnya mengeluarkan serbuk tapi pada musim kemudian bisa tidak mengeluarkan serbuk).


Leave a reply

Recent Comments

  • widhy : Mas Handry, Gini Mas,mula2 saya punya aglaonema, lalu ada anakan sampai 4 bh, saya taruh...
  • widhy : saya pemula utk aglaonema, kok tanaman saya ga tmbuh anakan, tapi daun tumbuh terus yg...
  • bahaduri : pak hans,,aglo spesiesnya ada yang dijual ato tidak??seperti...
  • bahaduri : menurut saya, merawat rotundum agak susah karena sering sekali terkena busuk...
  • joe-har : pak Hans, saya baru pertama buka web anda tp langsung angkat topi…betul2...